Lisensi Windows CAL


Dari pengalaman menangani lisensi Microsoft Windows perlu kita pahami, ada beberapa lisensi Windows yang perlu mendapat perhatian khusus dari kita sebagai masyarakat yang belum mengetahuinya yaitu Windows Client Access Licensi (Windows CAL). Microsoft atau distributor penjualan product2 microsoft sendiri tidak memberikan sosialisasi terhadap product ini sehingga bisa menjadi batu sandungan terhadapap pelanggaran pemakaian yang tidak resmi.

Pada prinsipnya Lisensi Windows Cal ini bukan merupakan product software melainkan hak secara legal yang diperlukan oleh user atau device yang mengakses ke Microsoft Server baik secara langsung maupun tidak langsung .

Windows CAL tidak ada wujudnya dan bukan   suatu barang yang sebagaimana yang bisa kita lihat jika kita membeli product Windows Office atau product Microsoft lainnya. Ini yang sangat membigunkan kita sebagai pengguna product microsoft. Windows CAL adalah konektifitas antara server dan client yang secara langsung maupun tidak langsung ( bisa terjadi ping akses terhadap satu dengan yang lainnya) walaupun tidak pernah mengguanakan sumber daya yang ada di Server Microsoft, jika sudah terjadi demikian maka kita diharuskan membeli Lisensi Windows CAL.

Berikut aturan yang di berikan oleh Microsoft Indonesia tentang penggunaan Windows CAL

Berikut 2 tipe CAL

  1. User CAL : hak legal yang diberikan kepada user/orang untuk mengakses server Mikrosoft baik secara langsung maupun tidak langsung
  2. Device CAL : hak legal yang diberikan kepada divice untuk mengakses server Microsoft baik secara langsung atau tidak langsung.
  • Lisensi Microsoft Server Software yaiti Lisensi yang ditujukan untuk server Microsoft seperti : Winodws Server, Exchange Server, SharePoint Server dll.
  • 1 Server Licensi dibutuhkan untuk setiap mesin yang menjlankan software server Microsoft

Demikian informasi Windows CAL ini, saya sendiri pribadi awalnya tidak bisa menerima ini karena Microsoft menjual barang yang tidak ada wujudnya dan tidak ada sosialisasi. Akhir saya merubah infrastructure Network saya yang hanya recommendation 6 client. hahahah

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s