Teknologi Virtualization


Ruang server yang sempit dan jumlah server yang begitu banyak merupakan masalah baru buat Administrator untuk dapat menempatkannya serta mengatur server2 tersebut. Apalagi jika yang ada yaitu server2  desktop yang menggunakan space yang luas.

Untuk menangani masalah di atas dan permasalahan lainnya, mungkin teknologi Virtualisasi merupakan suatu solusi yang baik. Berikut manfaat dan kekurangan yang bisa di dapat untuk penggunaan teknologi virtualisasi.

Virtulization sendiri yaitu penggunaan perangkat lunak untuk memungkinkan satu perangkat keras untuk menjalankan beberapa sistem operasi pada saat yang sama.

Keuntungan menggunakan Virtualisasi di antaranya yaitu :

  • Menghindari pemborosan listrik yang sangat mahal.
  • Dapat menghemat biaya infrastructure IT anda.
  • Mengurangi biaya ivestasi Hardware
  • Kemudahan Recovery dan Backup
  • Mengurangi Space untuk menempatkan Server2 dan masih banyak lagi keuntungan yang didapat

Kerugian menggunakan Virtualization yaitu :

  • Suatu Server masalah semua system dalam mesin virtualisasi masalah karena menggunakan system terpusat
  • Spesifikasi Mesin Virtual Server harus khusus karena menjalankan beberapa beberapa  system.

Dikesempatan lain saya sudah mencoba  instalasi Oracle VM VirtualBox for Windows yang Free Edition di Windows XP 3 sedangkan didalam VirtualBoxnya saya install Linux Centos 5.4 . Di Centosnya sendiri saya install DNS  Server dan Samba sebagai Primary Domain Controller  (PDC) hasilnya berjalan baik.

Open Source Linux Software Virtualisation yang  ada sekarang adalah :

  • Xen

Xen adalah perangkat lunak yang di gunakan untuk membuat virtualisasi . Xen dapat di configure sebagai  paravirtualisasi dan full virtualisasi . Paravirtualisasi yaitu  yang berjalan pada system operasi host yang memungkin system lain berjalan pada perangkat keras yang sama pada waktu yang sama, seperti VMWare, sehingga Xen dapat lebih cepat  dan hemat resource. Kekurangannya  xen lebih sedikit support OS,  sedangkan full virtulisasi adalah memvirtualisasi seluruh hardware untuk di gunakan, jadi  guest  tidak tahu kalau dia berjalan di atas mesin virtual. Pilihan Full virtualisasi pada Xen, semua  OS bisa berjalan di pilihan ini kekurangannya karena menggunakan sumber daya yg penuh maka resource yang di gunakanpun sangat besar.

  • VirtualBox

Oracle VM  VirtualBox baru Template untuk Oracle Real Application Clusters tersedia dalam sistem 32-bit dan 64-bit. Mereka dapat membangun cluster dengan jumlah yang banyak  node dan dapat digunakan untuk lingkungan  pengembangan system. VirtualBox  adalah software perangkat lunak yang full virtualization karena dia memvirtualisasikan seluruh hardware untuk guest .

Kelebihannya yaitu Untuk OS guest sendiri tidak mengetahui kalau dia running di atas mesin virtual dan seakan-akan dia bekerja di hardware sendiri. Kekurangannya karena menggunakan virtualisasi yang penuh sehingga menggunakan resource yang besar

  • Openvz
  • KVM
  • VMware

Ketiga item Diatas saya blom coba untuk instalasi dan penggunaanya, jadi blom bisa kasih info untuk unjuk kerjanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s